Mengapa di Indonesia Banyak Gempa


Kepulauan Indonesia terletak pada 3 lempeng utama dunia, yaitu lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik yang terus bergerak.
Lempeng Bumi
Lempengan Eurasia dan Australia bertumbukan dilepas pantai barat pulau sumatra, lepas pantai selatan Pulau Jawa, lepas pantai selatan Kepulauan Nusatenggara, dan berbelok ke arah utara ke perairan Maluku sebelah selatan.
Lempeng Australia dan pasifik terjadi tumbukan di sekitar Pulau Papua. Sementara pertemuan antara ke-3 lempeng itu terjadi di sekitar Sulawesi. Itulah sebabnya pulau-pulau di sekitar pertemuan 3 lempeng itu sering terjadi Gempa Bumi.

Wilayah yang rawan gempa bumi,antara lain: Aceh, Sumatra Utara(Simelue), Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten(Pandeglang), Jawa Barat, Bantar Kawung, Yogyakarta, Lasem, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kepulauan Aru, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sangir Talaud, Maluku Utara, Maluku Selatan, Kepala Burung(Papua Utara), Jayapura, Nabire, Wamena, dan Kalimantan Timur.
Jadi, kalau okefoxers ada yang tinggal di daerah tersebut, Okefoxers harus siap menghadapi gempa. Tetapi kita mesti menjaga bumi dengan sebaik-baiknya, jangan merusak titipan tuhan ini, selain menjaga lingkungan(bumi) kita juga harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar dilindungi dari segala bahaya.
Semoga Bermanfaat kepada kita semua,

ads

Ditulis Oleh : okeFox Hari: Rabu, Maret 09, 2011 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Translate

Okefox Statistik